oleh

HD : Sampe Reinkarnasi 3000 Rumah Dak Mungkin Selesai

PALEMBANG – Salamrakyat.com – Walikota Palembang Harnojoyo curhat ke Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru terkait ada 3000 unit rumah di kota Palembang yang perlu dilakukan renovasi dalam program Bedah Rumah. Herman Deru merespon curhatan Harnojoyo dengan jangan hanya berpatokan terhadap program bedah rumah saja hal tersebut tidak akan selesai sampai reinkarnasi.

“Kalau kito cumo berpatokan dengan program-program dak sudah-sudah sampai reinkarnasi mati hidup lagi dak mungkin selesai 3000 rumah itu, mako itu kepedulian itu harus ada yang memulai,” kata Deru, Saat Lauching program Bedah Rumah di Kelurahan Keramasan Kecamatan Kertapati, Rabu (6/7/2021).

Dikatakan Deru, berbicara bedah rumah berarti tentang kepedulian. Oleh karena itu, Saran Deru, Kepedulian itu perlu mengajak semua pihak untuk bersama peduli terhadap masyarakat.

“Kito ini bercerito tentang peduli Pak Wali, Peduli itu nah diajak, banyak wong yang punyo tenago kuat, punyo duit banyak tapi idak terpikir untuk peduli, Nah kepedulian dak muncul kalau idak diajak,” ujarnya.

BACA JUGA =  Masyarakat Baturaja Apresiasi Kinerja KPA OKU

Dicontohkan Deru, Dirinya saat pergi kelokasi Lauching Program bedah rumah di Kelurahan Keramasan Kecamatan Kertapati mengalami keterlambatan lantaran ditengah jalan ada antrian kendaraan yang melintas akibat adanya batu ditengah jalan sehingga memperlambat laju kendaraan melintas.

“ini contohnyo, aq tadi agak terlambat dikit datang, aq stop dulu tadi di jalan simpang Tanjung Rawo tadi di Musi Dua sebelum poligon ado banyak mobil antri, ado batu sebesar bola kaki di jalan banyak nian, dak ado wong peduli, aq turun tadi ku bersihkan baru melok galo wong, jadi bentuk ajakan, jadi kepedulian itu bentuk diajakan,” Contoh Deru.

Lanjut Deru, Pemerintah Kota Palembang perlu mengajak perusahaan yang ada di Palembang yang terdaftar di Dinas DPMPTSP untuk peduli kepada masyarakat yang rumah kurang layak dihuni untuk direnovasi.

“Ado saatnya mencari ada saat berbagi, nah atas nama pribadi, provinsi dan masyarakat ayo kita berbagi dak mungkin cuma 13 perusaaan ini yang ado di Palembang, ada puluhan perusahaan di Palembang yang terdaftar di DPTSMP,” sebutnya.

BACA JUGA =  PEDULI COVID-19, SAHABAT LAMAZI BAGIKAN MASKER KE MASYARAKAT

ia pun mencontohkan kembali, tahun ini jika terdengar dirinya berkurban ratusan sapi ia menegaskan bukan menggunakan uang pemerintah maupun pribadinya. Dirinya hanya mengarahkan perusahaan baik BUMD, BUMN dan Swasta yang ingin berkurban untuk memberikan hewan kurban kepada masyarakat yang meminta kepadanya.

“Contoh tahun ini kalau bapak-bapak terdengar aku kurban ratusan sapi bukan aq ni berduit cuma aq ni mengarahkan yang benar, eh kamu nah kurban ye, disitu nah minta lewat aq, nah kau enjuk tapi nama aq jangan masukkan ke tujuh nama wong itu, gravitasi aq kalau masuk nama aq yo. Misalnyo lagi Bank Sumsel mau berkurban berapa 10 Sapi, aq membantu mengarahkan disano minta samo aq. Kito ni sedang menjabat gunakan jabatan ini untuk kepentingan wong banyak, pacak bae kalau aq galak ratusan sapi ini tadi kirim ke dusun aq belitang ooh laju hipertensi galo wong,” ujar Deru.

BACA JUGA =  Desa Gunung Meraksa Adakan Turnamen Volly Ball Kades Cup Tahun 2019.

Sebelumnya Walikota Palembang Harnojoyo dalam sambutannya mengatakan ada 3000 unit rumah di kota Palembang perlu dilakukan renovasi dalam program bedah rumah.

“Kita juga sampaikan ada 3000 ribu unit di kota Palembang ini tidak layak tersebar di 16 kecamatan 107 kelurahan.” Kata Harnojoyo dalam sambutannya.

Dikatakannya, Upaya pemerintah kota Palembang untuk memberikan rumah sebagai kebutuhan pokok bagi masyarakat kota Palembang sudah banyak seperti kredit bersubsidi, juga membebaskan biaya BPHTB rumah.

“Tahun ini kurang lebih ada 600 rumah yang direnovasi dalam program Bedah Rumah baik itu dari Kementerian, maupun Real Estate Indonesia (REI), Baznas Palembang serta Pemerintah Kota Palembang. Tentunya dengan lauching bedah rumah ini hari ini merupakan upaya Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru untuk membantu masyarakat Palembang untuk mendapatkan rumah layak huni,”tutupnya. (**)

Editor: Muslimin Baijuri, S.Ag

Print Friendly, PDF & Email

Komentar