Kadiklat Kemhan RI Tutup Diklat Kader Bela Negara Calon Pekerja BRI 2023

Berita, Nasional737 Dilihat

SALAM RAKYAT.COM – Bogor, Rabu, (01/02/2023) Bertempat di Lapangan Pusdiklat Belanegara Badiklat Kemhan Desa Cibodas, Kecamatan Rumpin Kabupateb Bogor Provinsi Jawa Barat. Dilaksanakan penutupan Diklat Kader bela negara bagi Calon pekerja Bank Rakyat Indonesia Tahun 2023 sebanyak 117 orang peserta, kegiatan ini dimulai pada tanggal 28 Januari dan berakhir pada tanggal 1 Februari 2023.

Bertindak selaku Inspektur upacara Kabadiklat Kemhan RI Mayjen TNI Tandyo Budi Revita, S. Sos di dampingi Bapak Yoga Amindita Vice President BRI Corporate University untuk menutup kegiatan tersebut. Dalam sambutannya, Kabadiklat menyampaikan ucapan terimakasih pada Kapusdiklat Bela Negara, Narasumber, penyelenggara dan pendukung serta semua pihak yang telah membantu kelancaran penyelenggaraan Diklat Kader Bela Negara.

BACA JUGA =  Semarak Family Gathering Pusdiklat Bela Negara Badiklat Kemhan RI

Menurut Kabadiklat bahwa pelaksanaan Diklat ini sebagai implementasi UUD 1945 Pasal 27 ayat (3) Tentang keikutsertaan Warga Negara dalam Bela Negara serta UU.RI. No. 23 Tahun 2019. Sistim pertahanan rakyat semesta sangat dibutuhkan mengingat komponen pendukung dan komponen cadangan akan menopang komponen utama/inti. Sishanrata akan menjadikan kemandirian bangsa. Kemandirian bangsa dibutuhkan dalam rangka menangkal segala ancaman, Gangguan, hambatan maupun tantangan.

BACA JUGA =  Ketua DPRD OKU Terima Audiensi Pengurus Cabang ABPEDNAS

Kabadiklat juga menyampaikan bahwa selama 5 hari Diklat sebagai simulasi pelaksanaan tugas nantinya. Dalam pelaksanaannya akan di hadapkan segala permasalahan kerja yang harus segera diatasi sesuai dengan kemampuan perorangan untuk berkoordinasi dan komunikasi dalam organisasi.

Adapun materi Diklat kader bela negara yang sudah dilaksanakan antara lain : pengantar bela negara, nilai dasar bela negara, wawasan kebangsaan, sistem pertahanan semesta, sejarah perjuangan bangsa, kepemimpinan berwawasan bela negara, kewaspadaan dini, bahaya narkoba, bahaya radikalisme, ketrampilan dasar bela negara serta Api Semangat Bela Negara (ASBN).

BACA JUGA =  Hadiri Peringatan Hari Bela Negara Ke - 77, Kapolres OKU Polda Sumsel Mengajak Masyarakat Untuk Tidak Sebarkan Berita Hoax Yang Dapat Menimbulkan Perpecahan Bangsa

Upacara penutupan dihadiri oleh Bapak Yoga Amindita Vice President BRI, Para Kapusdiklat Badiklat atau yang mewakili, Para Kabid dan Widyaiswara di lingkungan Pusdiklat Bela Negara. Upacara penutupan Diklat diakhiri dengan demonstrasi PBB dengan Konfigurasi huruf *BRI*, Yel-yel dan senam *Ojo Dibandingke* serta pemberian piagam penghargaan bagi peserta terbaik.

Print Friendly, PDF & Email