oleh

Pohon Rumbia Di Aceh Barat Tidak Lagi Berbuah

MEULABOH – Salam.Rakyat.com – Dulu di Kabupaten Aceh Barat, dikenal penghasilan buah Rumbia dalam jumlah besar, hingga beredar sampai kekota Provinsi Banda Aceh, yang diexpor oleh para pedagang. Namun kini buah Rumbia hanya tinggal nama tak lagi berbuah.

Beberapa warga Gampong Cot Pluh Kecamatan Sama Tiga Kabupaten Aceh Barat,  saat ditemui  awak media SalamRakyat.com Rabu (17/3) mengatakan bahwa selama pohon Rumbia tidak lagi berbuah kami mencari napkah dengan cara mencari udang disungai dengan memasang bubu tiap pagi. Dari memasang bubu ini didapat udang 4 sampai 10 kg, dengan harga jual Rp 10.000/kg  sebut salah seorang warga yang tidak mau ditulis jati dirinya.

BACA JUGA =  Rapat Paripurna XI DPRD Kab. OKU Masa Persidangan Ke-3 Tahun Sidang 2020 Dalam Rangka Pengesahan KUPA dan PPAS Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Ogan Komering Ulu Tahun Anggaran 2020

Adi Kasman penduduk dusun Monkulu Gampong Ladang mengatakan jika pohon Rumbia tidak berbuah, kami memafaatkan daun Rumbia untuk dijahit menjadi atap, dengan harga jual Rp 5.000 per gagang, beruntuk saat ini ada yang menampung untuk atap kandang ayam secara besar besaran sebutnya.

Sementara pohon Rumbia yang tinggi yang dikenal pohon Sagu, akan diolah untuk makanan tambahan, juga makanan ayam dan itik dalam bentuk potongan haraga per meter  Rp.9.000.tuturnya singkat.

BACA JUGA =  Deru Resmikan Tujuh Desa Terjauh Dialirkan Listrik

Laporan  : Muhibbul Jamil

Editor : Roli Masri

Print Friendly, PDF & Email

Komentar