Rumah Lantai 2: Kesan Luas dan Lega dengan Tata Ruang yang Simpel

RUMAH171 Dilihat

Rumah Lantai 2: Pengertian rumah lantai 2

Rumah Lantai 2: Pengertian

Dalam dunia properti, rumah lantai 2 menjadi salah satu pilihan yang diminati oleh banyak orang. Seperti namanya, rumah lantai 2 adalah sebuah rumah yang memiliki 2 lantai. Biasanya, lantai pertama berfungsi sebagai ruang tamu, ruang makan, dapur, dan kamar tidur utama. Sementara itu, lantai kedua digunakan sebagai kamar tidur tambahan, kamar mandi, atau ruang keluarga.

Apa itu rumah lantai 2?

Rumah lantai 2 adalah jenis rumah yang populer di Indonesia karena memiliki beberapa keuntungan. Dibandingkan dengan rumah satu lantai, rumah lantai 2 memiliki ruang yang lebih banyak dan lebih luas sehingga memberikan keleluasaan untuk penghuni. Selain itu, rumah lantai 2 juga bisa dijadikan pilihan untuk keluarga yang memiliki anggota keluarga lebih dari 4 orang. Dengan rumah lantai 2, kebutuhan akan ruang tidur dan ruang pribadi dapat terpenuhi dengan lebih baik.

Keuntungan memiliki rumah lantai 2

Selain kelebihan dari segi ruangan, rumah lantai 2 juga bisa memberikan keuntungan dari segi investasi. Menurut data dari Lembaga Penelitian dan Pengembangan Pembangunan Perumahan dan Permukiman (LPPPP), properti rumah lantai 2 memiliki harga jual lebih tinggi daripada rumah satu lantai. Hal ini dikarenakan harga jual rumah lantai 2 cenderung memiliki nilai lebih stabil di pasaran.

Bagaimana desain rumah lantai 2 yang baik?

Untuk mendapatkan rumah lantai 2 yang baik, desain yang tepat sangat penting. Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam merancang desain rumah lantai 2 antara lain adalah luas lahan, kebutuhan ruangan, bahan bangunan, dan anggaran yang tersedia. Desain yang baik dapat memaksimalkan penggunaan ruang dan memberikan kenyamanan bagi penghuni. Selain itu, juga penting memperhatikan aspek keamanan dan kenyamanan, seperti pemasangan kunci pintu dan jendela yang baik serta penggunaan material bangunan yang aman dan tahan lama.

Jadi, bagi Anda yang sedang mencari rumah, rumah lantai 2 bisa menjadi pilihan yang tepat untuk memenuhi kebutuhan Anda. Selain memberikan keleluasaan, rumah lantai 2 juga bisa menjadi investasi yang menguntungkan di masa depan.

Pembangunan Rumah Lantai 2

Pembangunan Rumah Lantai 2

Jika Anda ingin mencari solusi untuk keluarga yang semakin membesar, atau ingin menambah ruang tidur ekstra untuk tamu, mungkin mengembangkan rumah Anda dengan lantai tambahan bisa menjadi pilihan yang tepat. Pembangunan rumah lantai 2 bisa menjadi investasi jangka panjang yang hemat dan berharga terutama dengan meningkatnya harga tanah di sekitar Anda. Berikut informasi tentang perencanaan dan tahap-tahap pembangunan rumah lantai 2 beserta masalah yang sering ditemukan dalam pembangunannya:

Perencanaan Pembangunan Rumah Lantai 2

Sebelum membangun lantai tambahan, pastikan Anda memiliki rencana yang jelas tentang bagaimana struktur ruangan akan berjalan, dan perlu dikonsultasikan dengan arsitek atau insinyur struktural untuk memastikan keselamatan dan keandalan struktur. Pastikan bahwa desain tidak akan mengganggu struktur bangunan saat ini dan sesuai dengan peraturan setempat. Anda juga perlu mempertimbangkan kebutuhan anggota keluarga akan area tambahan dan masalah privasi.

Tahap-Tahap Pembangunan Rumah Lantai 2

Pembangunan lantai tambahan adalah proyek besar dan membutuhkan beberapa tahap. Tahap-tahapnya meliputi pembersihan, pemasangan kulit luar, pembangunan dinding, lantai, dan atap. Kemudian dilanjutkan dengan memasang elektrikal, instalasi pipa air, serta penyiapan sistem ventilasi. Setelah itu, langkah akhirnya adalah menyelesaikan dekorasi dan penyelesaian interior untuk kenyamanan penghuninya.

Masalah yang Sering Ditemukan dalam Pembangunan Rumah Lantai 2

Salah satu masalah yang sering ditemukan dalam pembangunan rumah lantai 2 adalah struktur bangunan utama yang tidak cukup kuat untuk menopang beban dari lantai tambahan. Oleh karena itu, diperlukan peningkatan struktur bangunan utama dengan menambahkan kolom dan balok ke bawah struktur sebelumnya untuk menyeimbangkan beban pindah ke struktur tambahan. Masalah lain yang sering muncul adalah kurangnya ventilasi di area lantai tambahan, sehingga perlu dipertimbangkan agar area tersebut memiliki ventilasi yang cukup.

Dalam kesimpulannya, pembangunan rumah lantai 2 adalah investasi yang menguntungkan dan dapat membantu meningkatkan fungsi dan nilai properti Anda. Pastikan Anda melakukan perencanaan dan konsultasi dengan arsitek atau insinyur struktural untuk memastikan projek pembangunan berjalan dengan sukses dan aman bagi seluruh penghuninya.

Read more:

Rumah Lantai 2: Pilihan Material

Rumah Lantai 2: Pilihan Material

Memilih material untuk membangun sebuah rumah lantai 2 dapat menjadi salah satu keputusan penting bagi pemilik rumah. Tidak hanya mempengaruhi estetika rumah, tetapi juga faktor keamanan dan kenyamanan penghuni rumah. Berikut adalah jenis-jenis material yang cocok untuk rumah lantai 2.

Jenis-jenis material yang cocok untuk rumah lantai 2

1. Beton

Beton sering menjadi pilihan material yang banyak dipilih untuk rumah lantai 2. Beton dapat menopang bangunan dengan kokoh dan tahan lama. Selain itu, beton juga mudah dirawat dan relative terjangkau. Namun, penggunaan beton juga membutuhkan perencanaan yang matang untuk mendukung bentuk bangunan yang diinginkan.

2. Kayu

Material kayu dapat memberikan sentuhan alami pada rumah lantai 2. Warna-warna kayu yang alami dapat memberikan kehangatan pada interior rumah. Selain itu, kayu juga mudah diproses dan relatif ringan, sehingga dapat mempercepat proses pembangunan rumah. Namun, penggunaan kayu dapat lebih cepat dimakan usia dan membutuhkan perawatan yang lebih intensif.

BACA JUGA =  Rumah Minimalis 2 Lantai Mewah dengan Desain Modern dan Elegan

3. Bata

Bata merupakan material bangunan yang kuat dan tahan lama. Selain itu, bata juga memiliki daya tahan yang baik terhadap kelembaban dan serangga. Namun, penggunaan bata juga dapat meningkatkan biaya pembangunan rumah dan membutuhkan waktu yang lebih lama dalam proses pembangunannya.

Kelebihan dan kekurangan material yang digunakan untuk rumah lantai 2

Beton memiliki kelebihan kuat, tahan lama, mudah dirawat, dan terjangkau. Namun, kekurangan penggunaan beton adalah pematangan beton yang membutuhkan waktu yang cukup lama.

Kayu memiliki kelebihan memberikan sentuhan alami pada interior rumah dan mudah diproses. Namun, kekurangannya adalah kayu dapat cepat dimakan usia dan membutuhkan perawatan yang intensif.

Bata memiliki kelebihan kuat dan tahan lama serta daya tahan yang baik terhadap kelembaban dan serangga. Namun, kekurangan penggunaan bata adalah biaya pembangunan rumah yang meningkat dan waktu yang dibutuhkan yang lebih lama.

Cara memilih material yang baik untuk rumah lantai 2

1. Perhatikan budget yang dimiliki

Sebelum memilih material yang akan digunakan, pastikan untuk memperhatikan budget yang dimiliki. Memilih material yang terjangkau namun tetap berkualitas dapat mengurangi biaya pembangunan rumah.

2. Pertimbangkan keamanan

Keamanan adalah faktor penting dalam memilih material rumah lantai 2. Pastikan material yang dipilih dapat menopang bangunan dengan kuat dan tahan lama.

3. Sesuaikan dengan lingkungan sekitar

Sesuaikan material dengan lingkungan sekitar. Misalnya, jika lingkungan memiliki banyak serangga atau kelembaban tinggi, pilihlah material yang tahan terhadap serangga dan kelembaban.

4. Pertimbangkan faktor estetika

Estetika juga menjadi faktor penting dalam memilih material untuk rumah lantai 2. Material yang dipilih harus dapat menghasilkan tampilan yang sesuai dengan konsep rumah. Pertimbangkan warna, tekstur, dan bentuk material yang akan digunakan.

Dengan memperhatikan faktor-faktor di atas dan mengetahui kelebihan serta kekurangan material, pemilik rumah dapat memilih material yang baik untuk rumah lantai 2.

Perawatan rumah lantai 2

Perawatan Rumah Lantai 2

Rumah lantai 2 termasuk dalam tipe rumah yang dapat menampung keluarga yang lebih banyak dibanding rumah bertingkat di bawahnya. Namun, rumah lantai 2 juga memiliki perawatan yang berbeda dengan rumah lainnya. Perawatan yang baik akan membuat rumah tetap tahan lama dan terawat dengan baik.

Perawatan Lantai pada Rumah Lantai 2

Lantai merupakan bagian rumah yang sering digunakan dan sangat rentan terkena kerusakan. Untuk itu, perawatan lantai pada rumah lantai 2 menjadi hal penting. Ada beberapa tips perawatan lantai pada rumah lantai 2, diantaranya:

  • Bersihkan secara rutin menggunakan pembersih khusus lantai yang sesuai dengan jenis lantai pada rumah
  • Gunakan karpet atau alas kaki untuk mengurangi goresan dan pengikisan pada lantai
  • Gunakan lap yang lembut saat membersihkan lantai

Perawatan Atap pada Rumah Lantai 2

Atap merupakan bagian rumah yang paling banyak terpapar oleh cuaca, seperti hujan dan panas. Untuk itu, perawatan atap pada rumah lantai 2 menjadi hal yang penting. Beberapa tips perawatan atap pada rumah lantai 2 adalah sebagai berikut:

  • Periksa secara rutin kondisi atap dan perbaiki jika ditemukan kerusakan
  • Bersihkan sisa-sisa daun dan sampah yang menempel pada atap
  • Gunakan cat anti karat pada atap untuk mencegah karat

Perawatan Dinding pada Rumah Lantai 2

Dinding termasuk bagian rumah yang paling terlihat dan menjadi penanda rumah yang terawat dengan baik. Beberapa tips perawatan dinding pada rumah lantai 2 adalah sebagai berikut:

  • Bersihkan dinding dengan menggunakan kain yang lembut dan sabun pembersih
  • Periksa apabila terdapat kerusakan pada dinding dan segera perbaiki
  • Lakukan cat ulang pada dinding setiap beberapa tahun sekali

Dengan melakukan perawatan rumah lantai 2 secara rutin dan baik, maka rumah Anda akan tetap terjaga keindahannya dan dapat bertahan lama. Selain itu, rumah yang terawat dengan baik juga akan meningkatkan nilai jual saat Anda hendak menjualnya di kemudian hari.

Desain Ruang Tamu untuk Rumah Lantai 2

Rumah Lantai 2: Ruang Tamu

Berbicara tentang rumah lantai 2, kita tidak bisa melewatkan bagian ruang tamu. Ruang tamu adalah bagian yang sangat penting dan seringkali menjadi pusat perhatian dalam sebuah rumah. Namun, desain ruang tamu di rumah lantai 2 memiliki beberapa keunikan yang perlu diperhatikan. Berikut adalah beberapa tips untuk mendesain ruang tamu yang cocok untuk rumah lantai 2, memilih furnitur yang tepat dan mengakali ruang tamu yang kecil.

Desain Ruang Tamu yang Cocok untuk Rumah Lantai 2

Rumah lantai 2 memiliki karakteristik yang berbeda dengan rumah biasa, sehingga memerlukan desain ruang tamu yang cocok. Pertimbangkan untuk memasang jendela besar di ruang tamu agar terlihat lebih luas dan terang. Pilih desain plafon yang minimalis dan tidak terlalu tinggi agar ruang tamu terkesan lebih lapang dan modern. Selain itu, pilihlah warna cat yang sesuai dengan tema rumah dan berikan sentuhan personal agar ruang tamu terasa lebih nyaman dan menyenangkan.

BACA JUGA =  Mudahnya Menyewakan Rumah Anda

Furnitur yang Tepat untuk Ruang Tamu di Rumah Lantai 2

Memilih furnitur yang tepat sangat penting untuk mendesain sebuah ruang tamu di rumah lantai 2. Hindari memilih furnitur yang terlalu besar atau terlalu kecil sehingga bisa membuat ruang terkesan tidak proposional. Gunakan furnitur multifungsi agar bisa menyesuaikan kebutuhan saat ruang tamu sedang digunakan atau kosong. Selain itu, tambahkan hiasan dinding atau karpet agar ruang tamu terlihat lebih menarik dan terkesan lebih hangat.

Tips Mengakali Ruang Tamu yang Kecil di Rumah Lantai 2

Meskipun sebagian besar orang menginginkan ruang tamu yang luas, namun terkadang kita harus membuat kompromi. Untuk ruang tamu yang kecil di rumah lantai 2, pilih furnitur minimalis agar terlihat lebih lega dan mudah untuk bergerak. Gunakan aksen cerah dan terang untuk membuat ruangan terkesan lebih lapang dan terang. Hindari menggabungkan banyak barang atau aksesori yang bisa membuat ruang terlihat berantakan dan sesak.

Rumah Lantai 2: Kamar Tidur

Desain Kamar Tidur yang Cocok untuk Rumah Lantai 2

Rumah lantai 2 adalah pilihan yang populer bagi keluarga yang ingin memiliki ruang hidup yang lebih banyak. Salah satu ruangan yang penting di dalam rumah lantai 2 adalah kamar tidur. Saat mendesain kamar tidur di rumah lantai 2, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan untuk memastikan kenyamanan dan keselamatan penghuni rumah.

Furnitur yang Tepat untuk Kamar Tidur di Rumah Lantai 2

Pemilihan furnitur yang tepat akan membantu penghuni rumah merasa nyaman dan tenang dalam kamar tidur, terutama saat berada di lantai atas. Sebaiknya gunakan furnitur yang ringan dan mudah dipindahkan agar tidak menyulitkan proses pindah atau pemindahan barang. Tempat tidur yang aman dan nyaman adalah prioritas utama dalam pembelian furnitur untuk kamar tidur di lantai atas.

Tips Mengakali Kamar Tidur yang Sempit di Rumah Lantai 2

Kamar tidur yang sempit mungkin menjadi masalah di rumah lantai 2. Tapi jangan khawatir, ada beberapa trik yang bisa dilakukan untuk mengakalinya. Salah satunya adalah dengan memilih tempat tidur yang dilengkapi dengan rak atau laci penyimpanan yang terintegrasi. Gunakan juga meja samping tempat tidur untuk menyimpan pernak-pernik agar tidak terlihat berantakan. Perluas ruangan dengan pemanfaatan cermin atau perabotan yang memiliki efek visual memperluas ruangan seperti meja makan berbentuk bulat.

Dengan mendesain kamar tidur yang tepat dan memilih furnitur yang sesuai, serta mengakali ruangan yang sempit, Anda dapat menciptakan ruangan yang nyaman dan aman untuk tidur di rumah lantai 2.

Keamanan di Rumah Lantai 2

Keamanan di Rumah Lantai 2

Rumah lantai 2 memiliki keunikan tersendiri dibandingkan rumah dengan lantai yang lebih rendah. Kita harus berpikir dua kali sebelum membuka jendela atau pintu karena resiko jatuh bisa berdampak fatal. Tidak hanya itu, rumah lantai 2 juga memiliki resiko perampokan yang lebih tinggi. Namun, dengan beberapa tips berikut, Anda dapat meningkatkan keamanan di rumah lantai 2.

Tips Meningkatkan Keamanan di Rumah Lantai 2

1. Pilih Pintu dan Jendela yang Tepat

Pintu dan Jendela yang Berkualitas

Pintu dan jendela dengan kualitas yang baik adalah langkah awal untuk meningkatkan keamanan di rumah lantai 2. Pastikan bahwabajunya terbuat dari bahan berkualitas dan terpasang rapat di atas kusen. Gunakan juga kunci berkualitas tinggi pada pintu dan jendela Anda.

2. Pemasangan Sistem Pengaman yang Tepat Pada Rumah Lantai 2

Sistem Pengaman Rumah

Pengamanan rumah lantai 2 biasanya lebih rumit daripada rumah dengan lantai yang lebih rendah. Namun, tidak ada salahnya untuk melengkapinya dengan sistem pengaman tambahan seperti CCTV, sensor gerak atau alarm. Pastikan sistem pengaman yang dipilih sudah terintegrasi dengan baik dan terpasang pada tempat yang tepat.

3. Peran Tetangga Dalam Menjaga Keamanan di Rumah Lantai 2

Tetangga

Tetangga adalah elemen penting dalam menjaga keamanan di rumah lantai 2 Anda. Buatlah hubungan yang baik dengan mereka dan sampaikan informasi tentang keamanan rumah Anda. Berikan nomor telepon darurat pada mereka dan minta bantuan jika ada sesuatu yang mencurigakan.

Dalam membangun keamanan di rumah lantai 2, kunci utamanya adalah persiapan dan kesadaran. Dengan melakukan beberapa tips di atas, Anda dapat meningkatkan keamanan rumah lantai 2 Anda dan tidur lebih nyenyak di malam hari.

Rumah Lantai 2: Ruang Keluarga

Rumah Lantai 2: Ruang Keluarga yang Menawan

Memiliki rumah dengan dua lantai memang menjadi impian bagi banyak orang. Selain memberikan tampilan yang elegan, rumah dengan dua lantai memberikan ruang yang lebih luas dan bisa dimanfaatkan dengan lebih optimal. Salah satu ruangan yang penting adalah ruang keluarga. Bagaimana kita bisa mendesain ruang keluarga yang cocok untuk rumah lantai 2?

Desain Ruang Keluarga yang Cocok untuk Rumah Lantai 2

Salah satu kunci membuat ruang keluarga di rumah lantai 2 menjadi terlihat menawan adalah dengan memperhatikan akses ke alam terbuka. Jika mungkin, letakkan ruang keluarga di lantai atas sehingga bisa memperluas pandangan ke luar melalui jendela. Selain itu, gunakan warna-warna yang cerah dan terang untuk memenuhi cahaya alami yang masuk ke ruangan.

BACA JUGA =  Explorasi Gaya Hidup Mewah dalam Rumah Mewah 1 Lantai yang Elegan

Furnitur yang Tepat untuk Ruang Keluarga di Rumah Lantai 2

Furnitur juga berperan penting dalam menciptakan suasana yang nyaman di ruang keluarga di rumah lantai 2. Pilih furnitur yang memiliki ukuran yang sesuai dengan luas ruangan. Hindari memasukkan terlalu banyak furnitur agar tidak membuat ruangan terlihat penuh. Gunakan rak gantung atau rak dinding untuk menyimpan barang agar tidak memakan tempat yang berharga.

Tips Mengakali Ruang Keluarga yang Sempit di Rumah Lantai 2

Jika ruang keluarga di rumah lantai 2 terasa sempit, Anda bisa mengakalinya dengan memasang cermin besar di salah satu dinding. Cermin tidak hanya bisa memberikan efek visual yang lebar, tetapi juga akan menciptakan kedalaman yang lebih dalam pada ruangan. Selain itu, gunakan cermin berbingkai sesuai dengan gaya dekorasi ruangan untuk memberikan kesan yang lebih elegan.

Rumah Lantai 2: Kamar Mandi

Rumah Lantai 2: Kamar Mandi

Rumah lantai 2 menjadi pilihan yang banyak diminati oleh banyak orang. Selain memberikan privasi yang lebih baik, rumah lantai 2 juga memberikan keamanan yang lebih tinggi daripada rumah satu lantai. Namun, desain rumah lantai 2 lebih kompleks, terutama ketika datang ke desain kamar mandi. Desain kamar mandi yang salah bisa merusak tampilan keseluruhan rumah.

Desain Kamar Mandi yang Cocok untuk Rumah Lantai 2

Ketika merancang desain kamar mandi untuk rumah lantai 2, pastikan untuk mempertimbangkan fungsionalitas dan estetika. Kamar mandi harus mudah diakses dari kamar tidur dan berfungsi dengan baik agar sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, pastikan untuk memilih bahan yang tahan lama dan mudah dibersihkan. Pilih warna cat yang cocok dengan tampilan keseluruhan rumah dan jangan ragu untuk menambahkan sedikit aksen dekoratif untuk menambah keindahan kamar mandi.

Furnitur yang Tepat untuk Kamar Mandi di Rumah Lantai 2

Memilih furnitur yang tepat untuk kamar mandi di rumah lantai 2 sangat penting untuk mendapatkan tampilan yang lebih baik dan meningkatkan fungsionalitas. Pastikan untuk memilih furnitur yang cocok dengan ukuran kamar mandi dan menyesuaikan dengan gaya yang dimiliki. Jangan lupa mempertimbangkan penggunaan cermin dan lampu untuk meningkatkan tampilan kamar mandi.

Tips Mengakali Kamar Mandi yang Sempit di Rumah Lantai 2

Merancang kamar mandi yang sempit di rumah lantai 2 bisa menjadi tantangan tersendiri. Namun, dengan beberapa tips sederhana, Anda dapat mengoptimalkan ukuran kamar mandi. Pertama, gunakan warna cerah untuk dinding dan lantai untuk memberikan kesan luas. Kedua, gunakan cermin besar untuk menghasilkan efek visual yang menambah ukuran kamar mandi. Ketiga, gunakan rak dinding atau gantungan handuk untuk menjaga kesederhanaan kamar mandi.

Dengan merancang kamar mandi yang tepat untuk rumah lantai 2, Anda dapat meningkatkan tampilan keseluruhan rumah dan memberikan kenyamanan yang lebih baik untuk penghuni rumah.

Gambar Kesimpulan Rumah Lantai 2

Kesimpulan: Ringkasan tentang Rumah Lantai 2 dan Cara Mengoptimalkannya

Rumah lantai 2 dapat menjadi pilihan yang ideal bagi keluarga yang ingin memiliki lebih banyak ruang di dalam rumah tanpa memerlukan lahan yang besar. Dengan desain yang lebih kompak daripada rumah 2 lantai biasa, rumah lantai 2 memberikan keuntungan dalam hal biaya konstruksi dan bahan bangunan. Meskipun begitu, masih banyak orang yang merasa bingung tentang cara mengoptimalkan ruang dan memaksimalkan fungsionalitas rumah lantai 2.

Desain yang Efisien

Untuk memaksimalkan ruang di rumah lantai 2, penting untuk memilih desain yang efisien. Hal ini bisa dilakukan dengan memperhatikan rasio ukuran ruangan dan menempatkan ruang-ruang yang sering digunakan seperti kamar tidur dan kamar mandi di area yang tepat. Selain itu, pemilihan furniture yang tepat juga diperlukan agar ruangan tidak terlalu penuh dan tetap terlihat lapang.

Pencahayaan dan Ventilasi

Pencahayaan dan ventilasi juga menjadi faktor penting dalam mengoptimalkan rumah lantai 2. Karena kondisi rumah lantai 2 yang cenderung lebih tertutup dan rapat, perlu memperhatikan pengaturan pencahayaan dan ventilasi yang tepat. Meletakkan jendela di area yang strategis bisa membantu aliran udara yang lebih baik dan memaksimalkan cahaya yang masuk ke dalam rumah.

Pemilihan Warna yang Tepat

Pemilihan warna yang tepat juga bisa membantu memaksimalkan ruang di rumah lantai 2. Warna-warna cerah seperti putih, cream, atau pastel bisa membantu membuat ruangan terlihat lebih luas dan lapang. Selain itu, penggunaan wallpaper atau aksen dinding juga bisa membantu memberikan kesan yang lebih indah dan menarik untuk rumah lantai 2.

Dalam mengoptimalkan rumah lantai 2, kesimpulannya adalah memilih desain yang efisien dengan memperhatikan rasio ukuran ruangan, pencahayaan dan ventilasi yang baik, serta pemilihan warna yang tepat. Dengan mengikuti tips-tips ini, maka rumah lantai 2 akan terlihat lebih fungsional, nyaman, dan indah.

Rumah Lantai 2

Print Friendly, PDF & Email