Tak bosan-bosan Saksikan Pertunjukan Jaran Kepang

OKU, Sumsel393 Dilihat

Baturaja, Salamraktyat,- Seakan tidak memiliki rasa jenuh dan bosan dalam setiap pertunjukan jaran kepang bila ada kesempatan waktu ketua DPRD OKU Ir. H. Marjito Bachri selalu menyempatkan diri untuk menyaksikan pertunjukan kuda lumping yang di selenggarakan di lapangan gedung olahraga (GOR). Baturaja pukul 16.00 WIB Minggu (09/10/2022).

Pertunjukan yang diselenggarakan oleh paguyuban Trisno Budoyo beralamat di Kelurahan Kemelak Bindung Langit. Tepatnya di belakang kantor PU RT 1 RW 3 yang diketuai oleh Boimin dan selamet. Selaku pembina jaranan serta pawang handal Pakde Rebu
ini sangatlah diapresiasi oleh ketua DPRD OKU Ir. H. Marjito Bachri.

BACA JUGA =  Putri Sulung Gubernur Sumsel, Percha Leanpuri Meninggal Dunia

Bukan hanya senang melihat pertunjukan kuda lumping akan tetapi beliau juga kagum dan terketuk hatinya untuk melestarikan budaya seni yang memang dilahirkan dari budaya Nusantara. Juga mengajak semua lapisan masyarakat untuk bersama-sama melestarikan budaya leluhur kita.

Saat ditanya awak media perihal kesenian jaran kepang ini Ir. H. Marjito Bachri. menyampaikan.

“Saya sangat bangga dengan seni budaya Nusantara kalau bukan kita siapa lagi yang akan melestarikan seni budaya Indonesia karena kita selaku putra-putri Indonesia hendaklah turut serta untuk melestarikan kebudayaan jaran kepang ini karena di negara lain belum tentu memiliki seni budaya yang kita miliki di negara kita Indonesia.

BACA JUGA =  KKN Kelompok 32 Universitas PGRI Palembang Dan Karang Taruna Batu Kuning OKU Gelar Dzikir Akbar

Makanya pada setiap pertunjukan kuda lumping ini saya selalu menyempatkan hadir untuk menyaksikan” ujar Kang Jito.

Di kesempatan bulan lalu saat merayakan HUT RI yang ke 77 pada pertunjukan jaran kepang yang diselenggarakan di kemelak Kelurahan bindung langit lorong Patriot RT 06 RW 02. Jaranan yang sama saking antusiasnya ketua DPRD OKU sempat menyampaikan kepada seluruh warga kemelak dan tim jaran kepang apabila ada kesempatan waktu beliau akan mengajak tim jaranan Trisno Budoyo.

BACA JUGA =  Wagub  Mawardi Yahya : Badan Kesbangpol  Harus Dapat Menjaga Kondusifitas Daerah Pasca Pilkada Serentak

Menampilkan keseruannya di daerah Ulu Ogan karena warga di sana mungkin bisa dikatakan belum pernah menyaksikan secara langsung pertunjukan yang seperti ini. Dengan tujuan untuk mengenalkan seni budaya Nusantara di daerah tanah kelahiran ketua DPRD OKU. Ir. H. Marjito Bachri. Karena pertunjukan ini sangatlah seru dan mengagumkan. (M.As)

 

Print Friendly, PDF & Email

Komentar