Kapolsek Baturaja Barat Polres OKU Polda Sumsel Bersama Danramil dan Camat Pimpin Mediasi Permasalahan BUMDES Sukamaju Yang Mangkrak

Nasional, OKU, Sumsel472 Dilihat

Salam Rakyat.com Sumatera selatan – Baturaja, Anggota Polri Kompol Masdar Azum Kapolsek Baturaja Barat Polres OKU Polda Sumatera Selatan bersama Waka Polsek sebagai pelindung, pelayan dan pengayom masyarakat tentunya dituntut untuk dapat selalu hadir apabila dibutuhkan dan terjadi permasalahan ditengah – tengah masyarakat.

Guna menyelesaikan permasalahan BUMDES Sukamaju yang tidak berjalan dan menjadi permasalahan yang simpang siur dan berkembang di masyarakat Desa Sukamaju Kecamatan Baturaja Barat Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Sumatera Selatan, Kapolsek Baturaja Barat Kompol Masdar Azum didampingi Waka Polsek Baturaja Barat bersama Heryamin, S.Ag, SP., M.Si., Camat Baturaja Barat, Kapten Suwignyo Danramil 403 – 12/ Baturaja menggelar mediasi dengan mengundang Kades Sukamaju, Ketua BPD Sukamaju, Pengurus BUMDES Sukamaju,Bhabinkamtibmas Desa Sukamaju, Babinsa Desa Sukamaju,Marcos Chalik Pendamping Desa, Hendri Pendamping BUMDES dan Perwakilan masyarakat yang dilaksanakan di Aula Pertemuan Kantor Camat Baturaja Barat pada hari ini Kamis, (12/01/2023).

Adapun permasalahan atau kasus yang dimediasikan tersebut yaitu permasalahan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Desa Sukamaju yang mangkrak dan tidak berjalan sehingga keuangan BUMDES menjadi pertanyaan oleh masyarakat desa.

BACA JUGA =  Menempati Survei Grade Tertinggi, Ir. H. Marjito Bachri Layak Pimpin OKU dan Menjadi Bupati OKU Periode 2024 - 2029

Kompol Masdar Azum Kapolsek Baturaja Barat Polres OKU dalam kesempatannya mengatakan, dalam mengatasi dan menyelesaikan permasalahan BUMDES yang tidak berjalan sehingga dana BUMDES menjadi simpang siur ditengah – tengah masyarakat, maka dengan cara melakukan mediasi akan ditemukan penyelesaian permasalahan tersebut.

“Melalui mediasi akan ada solusi yang ditempuh dan sepakat. Selanjutnya dari pihak Pemdes Sukamaju silakan melalui musyarakat desa usaha BUMDES apa yang bisa dapat berjalan,”ujar Kapolsek Baturaja Kompol Masdar Azum.

Lanjut Kompol Masdar Azum, setiap permasalahan atau selisih paham yang terjadi di wilayah wajib pendampingan dari anggota kepolisian setempat. Polri harus bisa menjadi penengah dan bisa menjaga Kamtibmas agar tidak adanya atau kejadian yang tidak kita inginkan dan akan menggangu kondisi Kamtibmas.

BACA JUGA =  Humaniora : 2021  Tingkatkan Pelayanan dan Tetap Terapkan Prokes

“Pengurus BUMDES Sukamaju telah menyampaikan keuangannya dan semuanya sudah jelas. Hal ini dapat terselesaikan melalui Program Problem Solving atau lazim dikenal dengan menyelesaikan masalah dengan cara musyarawarah,”jelas Kapolsek Baturaja Barat Kompol Masdar Azum.

“Dari hasil mediasi tersebut, masyarakat mengusulkan agar BUMDES Sukamaju segera dibuatkan legalitas Badan hukumnya dan membuka unit usaha Koperasi Simpan Pinjam yang dapat membantu masyarakat desa,”pungkas Kompol Masdar Azum.

BACA JUGA =  Ciptakan Kamtibmas Aman Dan Kondusif, Kompol Masdar Azum Kapolsek Baturaja Barat Polres OKU Rutin Gelar Giat Jum'at Curhat Guna Serap Saran Dan Masukan Dari Warga Masyarakat

(Jurnalis Agus Maulana)

Print Friendly, PDF & Email

Komentar