oleh

KPK Memperkuat Kerjasama Dengan Para Supervisi dan Para Penegak Hukum di Bandung Jawa Barat

BANDUNG – SalamRakyat.com – Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri, gencar melakukan sosialisasi pencegahan sekaligus menguatkan koordinasi dan supervisi dalam upaya pencegahan serta penindakan kasus korupsi di beberapa wilayah Indonesia,salah satunya wilayah Provinsi Jawa Barat (Jabar).

Selain berkoordinasi bersama Gubernur Jabar Ridwan Kamil berserta jajarannya, sebanyak 27 Kepala Daerah Kabupaten/Kota se-Jabar. Ketua KPK juga melakukan koordinasi dan supervisi dengan Kepolisian Daerah (Polda) dan Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jabar.

Firli menyambangi Kapolda Jawa Barat Irjen Ahmad Dofiri dan Kajati Jawa Barat Ade Adhyaksa, dikantornya masing-masing. Pertemuan itu untuk menguatkan koordinasi dan supervisi dalam upaya memberantas praktik korupsi di daerah Bandung Jawa Barat.Rabu (17/3/2021).

BACA JUGA =  Gubernur Sumatera Selatan Melakukan Peletakan Batu Pertama Stadion Mini Trans Unit I

Kepada Irjen Ahmad Dofiri dan Ade Adhyaksa, Firli menyampaikan fungsi supervisi KPK atas kasus-kasus korupsi yang ditangani kepolisian dan kejaksaan paling tidak memiliki dua tujuan. Adapun tujuan yang dimaksud supaya penanganan perkara-perkara korupsi dapat di selasaikan secara Terbuka dan sesuai UUD 1945 yang berlaku di Indonesia.

“KPK wajib Bekerja sama dengan instansi-instansi yang berwenang memberantas korupsi. Hal ini supaya ada percepatan penyelesaian penanganan perkara tindak pidana korupsi serta terciptanya kerja sama antar aparat penegak hukum,” ujar Firli.

Dalam penanganan kasus tindak pidana korupsi (Tipikor) tambah Firli, terdapat beberapa masalah. Persoalan yang dimaksud adalah penanganan perkara korupsi yang tidak kunjung selesai, berulang kali perkara korupsi bolak-balik, dan berlarut-larut.

BACA JUGA =  8.711 Orang Warga Binaan Lapas di Sumsel Dapatkan Remisi Umum

Kapolda Jabar sepakat akan pentingnya koordinasi dan supervisi KPK dengan pihak Kepolisian dan Kejaksaan. Menurutnya, dua hal itu memiliki sasaran agar penanganan kasus tipikor berjalan baik.

“Saya berharap agar di masa mendatang upaya pemberantasan korupsi kian baik ke depan, baik dalam usaha pencegahan korupsi maupun penindakan korupsi, khususnya di wilayah hukum Jawa Barat,” ujar Kapolda.

Sementara itu, Kepala Kejati Jabar Ade Adhyaksa mengaku mengapresiasi upaya koordinasi dan supervisi KPK dengan pihaknya selama ini. Dia pun berharap terus ada pengawasan KPK atas proses penanganan perkara korupsi oleh instansinya.

 LAPORAN : Heru Trihandoko                                                                                                                    Editor         : Roli Masri

Print Friendly, PDF & Email

Komentar