oleh

Panen Madu Kelulut, Ketua DPRD OKU Sambangi Kampung Tualang Talang Aman

Baturaja, Salamrakyat- Ketua DPRD OKU Ir. H. Marjito Bachri sambangi Kampung Tualang Talang aman RT 15 RW. 05 Kelurahan Batu Kuning Kecamatan Baturaja Barat dalam rangka perencanaan peningkatan hasil panen para petani yang belum dijamah oleh pemerintah kabupaten OKU Rabu (24/08/2022).

Dalam kunjungannya ketua DPRD OKU disambut oleh ketua RT15  Musa ketua RW 05  Nasiman.H.M.  Isa selaku sesepuh masyarakat dan para  petani atau rembug tani. Berdomisili di Kampung Tualang Talang aman.

BACA JUGA =  Pawai Takbiran Menyambut Hari Raya Idul Adha 1440 H di Baturaja Meriah

Serta turut dihadiri oleh ibu-ibu dari kelompok tani.  Dalam rangka mengajarkan cara membuat sabun dari minyak jelantah dibimbing oleh Khairunnisa dan Nurhayati selaku instruktur. Cara pengelolaan  minyak jelanta agar dapat bermanfaat untuk masyarakat umum dan untuk meningkatkan perekonomian di desa Talang aman khususnya di RT 15.

Ketua DPRD OKU. Ir. H. Marjito Bachri  diperkenankan oleh Andre salah satu peternak dan budidaya lebah kelulut atau madu klanceng untuk langsung praktek cara pengambilan madu langsung dari sangkar koloni lebah kelulut itu dan beliau juga langsung mencicipi nikmatnya rasa madu tersebut.

BACA JUGA =  Sekda Hadiri Rapat Raperda Perubahan APBD Sumsel

Menurut ketua DPRD OKU peternakan ini sangat bermanfaat dan mempunyai nilai tambah.

“Budidaya madu klanceng atau kelulut ini sangatlah bagus dan baik untuk dibudidayakan dikarenakan madu ini mempunyai banyak keunggulan selain madunya berkhasiat untuk kesehatan juga tidak membahayakan bagi lingkungan sekitar karena lebah klanceng atau kelulut tidak menyengat .

Seperti madu-madu liar yang ada di hutan jadi disarankan kepada setiap para petani untuk memelihara madu kelulut ini di lingkungan rumah para petani sekitar” ucapnya Kang Jito

BACA JUGA =  MY Tinjau Lokasi Rencana Pembangunan Kampus IPDN Pagaralam -Berita Sumsel

Saat ditanya awak media Andre mengatakan dalam setiap bulannya beliau mendapatkan madu klanceng atau kelulut sebanyak 20 liter dan dikemas dalam botol ukuran 250 ml dalam satu botol ukuran 250 ml dijual Rp80.000 per botolnya.(M.As)

Print Friendly, PDF & Email

Komentar